Translate

05 Juni 2013

Pesawat Honda HA-420 HondaJet

Honda HA-420 HondaJet

Negara Asal
Jepang dan Amerika Serikat




foto Honda HA-420 HondaJet


Powerplants
Dua 7.43kN (£ 1670) Honda HF-118 turbofan.

Performance
Kecepatan maks 778km / h (420kt). 
Layanan langit-langit 41.000 ft Rentang 2037km (1100nm).

Berat
Max lepas landas 4173kg (£ 9200).

Ukuran
Rentang sayap 12.20m (39ft 9in), panjang 12.50m (41ft 1in), tinggi 4.10m (13ft 2in).

Kapasitas
Dua awak ditambah empat penumpang, atau satu awak ditambah lima penumpang.

Produksi
Satu prototipe (awal tahun 2004).

Jenis
Jet perusahaan Cahaya

Sejarah
   Honda Motor Company Ltd diam-diam mengembangkan jet perusahaan cahaya, HA-420 HondaJet, di fasilitas penelitian kedirgantaraan di Greensboro-Piedmont Triad bandara, North Carolina, AS. Pada tahun 1986 Honda mulai penelitian ke jet bisnis kompak, menggunakan mesin dari produsen lain. Namun, rincian penelitian ini belum pernah terungkap. Dari tahun 1999 Honda mengembangkan mesin turbofan sendiri jet, HF-118, yang testflown pada Cessna Citation. Mesin ini dilengkapi dengan kipas, kompresor dua tahap dan turbin dua tahap. Bentuk sayap HondaJet masa depan diuji pada Lockheed T-33.
HA-420 HondaJet melakukan penerbangan pertama pada tanggal 3 Desember 2003. Pesawat akan menjalani sekitar 200 jam uji penerbangan untuk memverifikasi karakteristik terbang dan kinerja.
Sebuah fitur yang menonjol dari HondaJet adalah konfigurasi mesin over-the-sayap. Karena tidak ada carry-melalui struktur diperlukan dalam pesawat belakang untuk mesin tunggangan, ini memungkinkan untuk kabin penuh-lebar jauh belakang memperoleh 30% ruang ekstra dalam dimensi yang sama. Honda juga mengklaim bahwa konfigurasi ini mengurangi hambatan pada kecepatan tinggi.

   Pesawat terbuat dari bahan komposit, ringan co-sembuh karbon komposit / roti honeycomb, sedangkan sayap terbuat dari panel kulit integral kaku terbentuk dari satu lembar aluminium, menawarkan permukaan yang lebih halus dibandingkan konfigurasi konvensional. Sayap menggunakan Honda milik turbulensi mengurangi laminar SMH-1 airfoil, yang agak tebal tapi menawarkan drag rendah dengan kecepatan tinggi. Juga hidung dirancang untuk menghasilkan aliran laminar untuk mengurangi drag. Honda mengklaim bahwa fitur ini, bersama dengan hemat bahan bakar HF-118 mesin, mencapai efisiensi bahan bakar 40% lebih tinggi. Pesawat ini dilengkapi dengan Garmin G-1000 kaca kokpit dengan tiga display dan sistem avionik terpadu. Empat penumpang dapat diakomodasi dengan dua awak, atau lima penumpang dengan pilot tunggal.
   
   Honda belum mengungkapkan jika dan ketika HondaJet akan diambil ke dalam produksi, tetapi akhir 2003 ada rumor bahwa Honda sedang menyelidiki kemungkinan untuk mengambil alih sebuah perusahaan AS yang ada untuk memfasilitasi produksi pesawat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar