Prinsip Pesawa
Sementara angkat tergantung pada
bentuk dorongan airfoil sayap, sangat bergantung pada sistem propulsi pesawat.
Baling-baling dan mesin adalah dua elemen yang paling penting dalam
menghasilkan dorong. Propeller
adalah bilah melengkung yang menghasilkan dorong dalam banyak cara yang sama
seperti sayap menghasilkan gaya angkat. Pisau menyerang udara pada sudut yang
rendah serangan.
Baling-baling canggih dapat mengubah
sudut serangan untuk menghasilkan tingkat maksimum dorong. Ini canggih variabel
lapangan
baling-baling dapat diatur baik untuk kekuatan penuh pada kecepatan rendah,
yang diperlukan untuk lepas landas. Mereka juga dapat diatur kasar untuk
kecepatan maju tinggi dengan revolusi mesin berkurang. Baling-baling pada
pesawat penerbangan kecil umumnya memberikan dorongan yang cukup hanya dengan cahaya-piston mesin. Pesawat yang lebih berat, namun harus mengandalkan
lebih kuat turbin
mesin untuk dorong.
Jet mesin listrik pesawat paling
modern skala besar. Proses dimana mesin jet beroperasi terbaik dapat diringkas
dengan "menyedot, meremas, bang, pukulan." Pertama, udara ditarik ke
dalam asupan
(menyedot) dan dikompresi (meremas), yang menyebabkan peningkatan tekanan udara. Fuel
kemudian ditambahkan dan dibakar dalam pembakaran ruang (bang). Pembakaran menanamkan panas di udara yang
menyebabkan hal itu berkembang pesat dan menghasilkan kecepatan tinggi, aliran
udara panas.
Udara kemudian mengalir melalui turbin
, yang menyerupai kipas. Udara kecepatan tinggi ternyata pisau turbin yang pada
gilirannya, putar poros. Poros ini terhubung ke compresser tersebut. Dengan
cara ini, turbin ekstrak sejumlah kecil energi dari gas untuk daya kompresor.
Mayoritas energi emerages sebagai dorong sebagai udara panas lolos melalui
exhaust nozzle (pukulan) dan propells pesawat ke depan. Mesin jet yang dibangun
dengan single-spool desain, kompresor di salah satu ujung dari poros dengan
turbin pada yang lain. Hybrid
pesawat, seperti Jet Harrier , menggunakan nozel jet bergerak yang dapat mengarah ke
bawah untuk memberikan dorong untuk lepas landas vertikal dan bergerak kembali
untuk konvensional, penerbangan ke depan.
Sebuah perkembangan penting dalam
desain propulsi adalah turbofan
mesin. Aliran udara melalui mesin jauh lebih besar, menurunkan suhu internal
dan dorong secara dramatis meningkat. Mesin ini juga lebih tenang, lebih mudah
untuk mempertahankan, dan menggunakan lebih sedikit bahan bakar. Turbofan,
tidak seperti mesin jet, adalah dari dua-spool
atau tiga spool desain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar